Fri. Jul 3rd, 2020

Sekali lagi, bayi bernama Amdes setelah lahir. Selamat untuk AMMDes

2 min read

Jakarta – Seorang ibu melahirkan dengan selamat di alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) pengumpan ambulans. Anak yang lahir, disebut Amanda Desvita, disebut Amdes.

"Ini membuktikan bahwa manfaat AMMDes dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Lebak, Banten, terutama untuk wanita hamil," kata direktur industri perkapalan, Minggu (22/12). Alat transportasi dan pertahanan di Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika di Jakarta.

Putu menceritakan kronologi acara tersebut. Dimulai dengan ibu, Sawiyah, yang sudah mengalami pembukaan ke-8. Perjalanannya dari desa Kadurahayu ke pusat kesehatan desa Mekarmanik akhirnya terhenti karena ia harus melakukan proses kelahiran.

"Saya mendapat informasi bahwa Ibu Sawiyah melahirkan di AMMDes pengumpan ambulans di tengah malam sebelum jam 2 pagi, "katanya. Gadis kecil itu, anak kedua dari pasangan Sawiyah dan Sapri, lahir dalam keadaan sehat dengan berat 3 kg dan panjang 48 cm .

Sayang bayi

Menurut Putu, peran AMMDes telah menjadi bukti nyata upaya untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI) dan kematian bayi (IMD). AMMDes pengumpan ambulans Ini telah menjadi proyek percontohan, karena di Kabupaten Lebak, masih ada puluhan desa yang memiliki akses jalan yang buruk dan berbatu, membuat akses oleh ambulans konvensional menjadi sulit.

"Saya sangat tersentuh dan bangga dengan kontribusi Penjemputan sukarela antara masalah kehamilan dan persalinan (Jamilah) yang mengoperasikan AMMDes pengumpan ambulans. Karena kami berharap alat serbaguna ini dapat terus berkembang dalam layanan referensi kesehatan di daerah, "jelasnya.

Juli lalu, Kementerian Perindustrian dan pemerintah Kabupaten Lebak, USAID Jalin, PT. Samudera Marine Indonesia, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia dan PT. Distributor Kreasi Mandiri Wintor telah menandatangani kemitraan untuk "proyek percontohan untuk peningkatan layanan transportasi referensi dalam masalah kesehatan melalui penggunaan distributor ambulan AMMDes" di Lebak, Banten.

"Programnya proyek percontohan itu adalah manifestasi nyata dari peningkatan status kesehatan masyarakat berkat program Jamilah yang diluncurkan pada tahun 2017 ", kata Pak Putu. Tujuannya juga untuk memperkuat keterlibatan wanita hamil dengan sukarelawan Jamilah.

Gam, Kemenperin, Youtube: Bang Koboi

Pos Sekali lagi, bayi bernama Amdes setelah lahir. Selamat untuk AMMDes pertama kali muncul Magz Otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.